PENUTUPAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS (PKP) ANGKATAN I KERJASAMA PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN DENGAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) PROVINSI JAMBI 2020

PENUTUPAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS (PKP) ANGKATAN I KERJASAMA PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN DENGAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) PROVINSI JAMBI 2020

July 6, 2020 Uncategorized 0

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan ke-I yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi resmi ditutup, Jumat (03/07/2020).

Kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser, yang berlangsung dengan lancar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPSDM Provinsi Jambi Iskandar Nasution, Kepala BKPSDM Sarolangun H A Waldi Bakri, S.Ip, S.Sos, MM, Sekretaris BKPSDM Linda Novita Herawati, SH serta Jajaran BKPSDM Sarolangun. Hadir juga Kadisparpora Drs Muhammad Idrus, Dirut RSUD Sarolangun dr Bambang Hermanto, M. Kes, Camat Sarolangun Huzairin, S.Pdi serta opd lainnya, dan peserta PKP angkatan ke-I yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala BKPSDM H A Waldi Bakri mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra yang telah memberikan dukungan sehingga pelaksanaan PKP angkatan Ke-1 berjalan dengan baik, dan juga tentunya atas kerja sama dengan BPSDM Provinsi Jambi.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan pengawas ini merupakan bagian Diklat dalam jabatan struktural sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 tentang managemen PNS.

“Peserta diikuti sebanyak 40 orang berasal dari dinas, badan, kecamatan dan kelurahan dalam wilayah Pemkab sarolangun. Kita berterima kasih dengan bapak bupati dalam hal ini pak sekda dan kepala bpsdm yang juga sangat membanggakan kita sudah hadir dalam penutupan ini,” katanya.

Waldi berharap melalui kegiatan ini dapat berdampak positif terhadap kinerja di masing-masing tempat para peserta bekerja serta dalam rangka membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), serta mewujudkan pejabat struktural atau pengawas yang berintegritas dan berinovasi dalam melaksanakan kinerja di lingkungan OPD masing-masing peserta.

“10 besar peserta PKP terbaik ini, memang aksi-aksi perubahan dari dua kali seminar yakni seminar persiapan dan seminar akhir. Memang sesuai dengan tupoksi, dan ini akan menunjang kinerja skpd dan daerah. Maka dari itu mereka kita apresiasi dan juga nantinya masing-masing atasannya dapat memantau dan berkoordinasi dengan bkpsdm supaya keberlangsungan itu dapat terlaksana,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Jambi Iskandar Nasution mengapresiasi pemerintah kabupaten sarolangun dalam hal ini BKPSDM sarolangun yang telah melaksanakan rangkaian seluruh proses pembelajaran mulai dari pembukaan hingga pada penutupan pada kegiatan PKP angkatan Ke-I ini.

“Apresiasi saya berikan kepada Pemerintah Kabupaten sarolangun, khususnya bkpsdm Kabupaten Sarolangun, yang telah melaksanakan Kegiatan ini dengan telah mempedomani aturan-aturan yang diberikan LAN RI,” katanya.

Meski dengan situasi covid-19 ini, katanya, kegiatan ini juga dapat terlaksana sesuai dengan surat edaran Lan terbaru tentang pedoman yang harus laksanakan bahwa kegiatan PKP ini dapat dilanjutkan sampai selesai dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan.

“Dan suatu apresiasi baru yang pertama dimana stula secara virtual, dilakukan di Kabupaten Sarolangun dan ini mungkin bisa menjadi contoh kedepan dengan sistim ini bisa dilaksanakan. Di Jambi, ada empat yang melaksanakan PKP angkat ke-I, Sarolangun, Batanghari, Kota Jambi dan Provinsi. Saya berharap para peserta meningkatkan kinerja ha, dan apa yang didapatkan selama kegiatan pelatihan ini dapat diterapkan di instansi masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Endang Abdul Naser mengatakan bahwa atas nama pemerintah Kabupaten Sarolangun menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDM Provinsi Jambi yang telah bekerja sama secara intensif dengan Pemerintah Kabupaten sarolangun dalam penyelenggaraan semua program pelatihan yang telah dilaksanakan.

“Kedepan kerja sama seperti ini perlu terus dikembangkan secara berkesinambungan dengan terwujudnya peningkatan SDM Aparatur di jajaran aparatur birokrasi pemerintah,” katanya.

Kepada para peserta kata Sekda, ditekankan agar aksi perubahan jangka pendek yang telah didapatkan selama pelatihan ini wajib dilanjutkan ke tahap jangka menengah dan berkelanjutan, tentunya para peserta ini nantinya akan terus dilakukan monitoring terhadap aksi perubahan tersebut.

“Dengan harapan terjadi percepatan pembangunan di semua sektor di Kabupaten Sarolangun yang kita cintai ini, dan saya ucapkan selamat kembali kepada para peserta di instansi masing-masing semoga kesuksesan selalu menyaingi karir anda, mari kita untuk memiliki daya tanggap, cerdas, cepat, dan tepat untuk menyelesaikan tugas-tugas pelayanan publik, “katanya.

Dalam Pelaksanaan pelatihan kepemimpinan pengawas ini dilakukan sebanyak tiga tahapan dengan pola yang baru, yakni Pertama tahap pembelajaran atau on kampus 02 maret 2020 – 07 april 2020. Kedua tahap aksi atau out kampus dilaksanakan 08 april sampai 27 Juni 2020. Dan ketiga Tahap pembimbingan dan seminar, pada 29 juni 2020 sampai 03 Juli 2020.